Sistem Keamanan Jaringan. .! ! ! !

8 Juni 2011
$0A
Sodara Kaum dunia Maya. . .ane kembali lagi dengan materi jaringan ne,,hehehe
Yang mau tau silahkan baca yang gak mau tau selamat tidur..^o^
Langsung ke TKP

    Keamanan merupakan salah satu aspek terpenting pada sebuah sistem informasi. Kemajuan sistem informasi memiliki banyak keuntungan dalam kehidupan manusia, akan tetapi aspek negativenya juga banyak terjadi, seperti kejahatan komputer yang meliputi pencurian, penipuan, pemerasan, dan masih banyak lagi. Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting, Bahkan ada yang mengatakan bahwa kita sudah berada di sebuah information based society. Pada saat ini hampir semua aspek masyarakat menggunakan sistem informasi yang berbasis komputer. Jatuhnya informasi kepada pihak ketiga dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi.

Aspek Aspek Keamanan Komputer
  1. Authentication
Adalah usaha atau metode untuk mengetahui keaslian informasi, maksudnya agar penerima informasi dapat memastikan bahwa pesan yang diterima datang dari orang yang dimintai informasi.
  1. Integrity
Adalah usaha untuk menjagadata atau sistem sehingga tidak bisa diubah oleh orang yang tidak berhak mengaksesnya
  1. Nonrepudiation
Adalah suatu usaha untuk mengetahui identitas pengirim informasi, sehingga sipengirim tidak dapat mngelak bahwa dialah pengirim informasi tersebut.
  1. Authority
Adalah usaha untuk membatasi bahwa informasi yang berada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak atas akses tersebut.
  1. Confidentiality
Adalah Usaha untuk menjaga informasi dari oenga yang tidak berhak mengaksesnya.

  1. Privacy
Adalah usaha untuk menjaga kerahasiaan data-data yang bersifat pribadi
  1. Availability
Adalah ketersediaan sistem dan data ketika dibutuhkan
  1. Access controlAdalah cara pengaturan akses kepada informasi, hal ini biasanya berhubungan dengan authentication dan privacy, sehingga access control sering kali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user id dan password.

Aspek Aspek Ancaman Keamanan

  1. InteruptionMerupakan suatu ancaman terhadap availability, Informasi dan data yang ada dalam sistem komputer dirusak dan dihapus sehingga jika dibutuhkan data atau informasi tersebut tidak ada lagi.
  1. Interception
Merupakan ancaman terhadap Secrecy ( kerahasiaan). Informasi yang ada disadap atau orang yang tidak berhak mendapatkan akses ke komputer dimana informasi tersebut disimpan.
  1. Modifikasi
Merupakan ancaman terhadap integritas. Orang yang tidak berhak berhasil menyadap laulintas informasi yang sedang dikirim dan diubah sesuai keinginan orang tersebut.
  1. FabricationMerupakan ancaman terhadap integritas. Orang yang tidak berhak berhasil meniru  (memalsukan) informasi yang ada sehingga orang yang menerima informasi tersebut menyangka informasi tersebut berasal dari orang yang dikehendaki

            Gambar Aspek – aspek ancaman keamanan:


0 comments:

Posting Komentar